Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker di Kuala Pesisir, Nagan Raya

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker di Kuala Pesisir, Nagan Raya


Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker di Kuala Pesisir, Nagan Raya - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker di Kuala Pesisir, Nagan Raya


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel di blog Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker di Kuala Pesisir, Nagan Raya, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments