Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Kuala, Nagan Raya

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Kuala, Nagan Raya


Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Kuala, Nagan Raya - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Kuala, Nagan Raya


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah dalam web Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Kuala, Nagan Raya, semoga bermanfaat.

0 comments