Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Manuhing Raya, Gunung Mas

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Manuhing Raya, Gunung Mas



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Manuhing Raya, Gunung Mas - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Manuhing Raya, Gunung Mas


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di blog Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Manuhing Raya, Gunung Mas, moga-moga ada gunanya.

0 comments