Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Nias Barat

Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Nias Barat



Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Nias Barat - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Nias Barat


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam halaman Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Nias Barat, semoga ada gunanya.

0 comments