Khasiat Kopi Hijau Alana – Online Shop Pembuat Kopi di Jayapura

Khasiat Kopi Hijau Alana – Online Shop Pembuat Kopi di Jayapura



Khasiat Kopi Hijau Alana – Online Shop Pembuat Kopi di Jayapura - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Alana – Online Shop Pembuat Kopi di Jayapura


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi di website Khasiat Kopi Hijau Alana – Online Shop Pembuat Kopi di Jayapura, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments