Khasiat Kopi Hijau Hanis – Kios Pembuat Kopi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Kios Pembuat Kopi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat



Khasiat Kopi Hijau Hanis – Kios Pembuat Kopi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Kios Pembuat Kopi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam halaman Khasiat Kopi Hijau Hanis – Kios Pembuat Kopi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments