Khasiat Kopi Hijau Hanis – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu



Khasiat Kopi Hijau Hanis – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu - Biar semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel dalam blog Khasiat Kopi Hijau Hanis – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments