Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Coffee Maker Di Peundeuy, Garut

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Coffee Maker Di Peundeuy, Garut


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Coffee Maker Di Peundeuy, Garut - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Coffee Maker Di Peundeuy, Garut


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keunikan paling mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam blog Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Coffee Maker Di Peundeuy, Garut, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments