Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Pembuat Kopi di Pracimantoro, Wonogiri

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Pembuat Kopi di Pracimantoro, Wonogiri



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Pembuat Kopi di Pracimantoro, Wonogiri - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Pembuat Kopi di Pracimantoro, Wonogiri


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di halaman Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Pembuat Kopi di Pracimantoro, Wonogiri, moga-moga ada gunanya.

0 comments