Khasiat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Polokarto, Sukoharjo

Khasiat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Polokarto, Sukoharjo



Khasiat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Polokarto, Sukoharjo - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Polokarto, Sukoharjo


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun kekhasan paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam web Khasiat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Polokarto, Sukoharjo, mudah-mudahan berguna.

0 comments