Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Online Pembuat Kopi di Lahat, Lahat

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Online Pembuat Kopi di Lahat, Lahat


Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Online Pembuat Kopi di Lahat, Lahat - Meski makin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah mengerti kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Online Pembuat Kopi di Lahat, Lahat


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel dalam blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Online Pembuat Kopi di Lahat, Lahat, moga-moga ada gunanya.

0 comments