Khasiat Kopi Jantan Merah – Jual Pembuat Kopi Di Idano Gawo, Nias

Khasiat Kopi Jantan Merah – Jual Pembuat Kopi Di Idano Gawo, Nias


Khasiat Kopi Jantan Merah – Jual Pembuat Kopi Di Idano Gawo, Nias - Biar semakin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Merah – Jual Pembuat Kopi Di Idano Gawo, Nias


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam halaman Khasiat Kopi Jantan Merah – Jual Pembuat Kopi Di Idano Gawo, Nias, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments