Khasiat Kopi Jantan Merah – Toko Mesin Pembuat Kopi di Buayan, Kebumen

Khasiat Kopi Jantan Merah – Toko Mesin Pembuat Kopi di Buayan, Kebumen


Khasiat Kopi Jantan Merah – Toko Mesin Pembuat Kopi di Buayan, Kebumen - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Merah – Toko Mesin Pembuat Kopi di Buayan, Kebumen


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam halaman Khasiat Kopi Jantan Merah – Toko Mesin Pembuat Kopi di Buayan, Kebumen, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments