Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Wanasalam, Lebak

Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Wanasalam, Lebak



Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Wanasalam, Lebak - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Wanasalam, Lebak


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya kentara adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di website Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Wanasalam, Lebak, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments