Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bantarujeg, Majalengka

Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bantarujeg, Majalengka



Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bantarujeg, Majalengka - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bantarujeg, Majalengka


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di blog Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bantarujeg, Majalengka, mudah-mudahan berguna.

0 comments