Khasiat Kopi Pahit Campur Telur – Toko Online Pembuat Kopi di Semarang

Khasiat Kopi Pahit Campur Telur – Toko Online Pembuat Kopi di Semarang


Khasiat Kopi Pahit Campur Telur – Toko Online Pembuat Kopi di Semarang - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Campur Telur – Toko Online Pembuat Kopi di Semarang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di halaman Khasiat Kopi Pahit Campur Telur – Toko Online Pembuat Kopi di Semarang, semoga ada manfaatnya.

0 comments