Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Pembuat Kopi di Banjar Agung, Tulang Bawang

Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Pembuat Kopi di Banjar Agung, Tulang Bawang



Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Pembuat Kopi di Banjar Agung, Tulang Bawang - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Pembuat Kopi di Banjar Agung, Tulang Bawang


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di web Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Pembuat Kopi di Banjar Agung, Tulang Bawang, semoga berguna.

0 comments