Macam Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pasirjambu, Bandung

Macam Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pasirjambu, Bandung



Macam Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pasirjambu, Bandung - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pasirjambu, Bandung


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel dalam web Macam Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pasirjambu, Bandung, moga-moga bermanfaat.

0 comments