Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Ciputat Timur, Tangerang Selatan

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Ciputat Timur, Tangerang Selatan



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Ciputat Timur, Tangerang Selatan - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Ciputat Timur, Tangerang Selatan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah dalam web Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, moga-moga berguna.

0 comments