Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dumai Timur, Dumai

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dumai Timur, Dumai


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dumai Timur, Dumai - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dumai Timur, Dumai


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah di blog Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dumai Timur, Dumai, semoga ada manfaatnya.

0 comments