Macam Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Coffee Maker Di Tambelang, Bekasi

Macam Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Coffee Maker Di Tambelang, Bekasi


Macam Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Coffee Maker Di Tambelang, Bekasi - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Coffee Maker Di Tambelang, Bekasi


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam blog Macam Produk Kopi Kapal Api – Penjual Mesin Coffee Maker Di Tambelang, Bekasi, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments