Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Jual Mesin Pembuat Kopi di IV Nagari, Sijunjung

Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Jual Mesin Pembuat Kopi di IV Nagari, Sijunjung



Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Jual Mesin Pembuat Kopi di IV Nagari, Sijunjung - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Jual Mesin Pembuat Kopi di IV Nagari, Sijunjung


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di blog Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Jual Mesin Pembuat Kopi di IV Nagari, Sijunjung, moga-moga bermanfaat.

0 comments