Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Kolonodale

Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Kolonodale



Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Kolonodale - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Kolonodale


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di blog Manfaat Daun Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Kolonodale, moga-moga berpengaruh.

0 comments