Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru, semoga bermanfaat.

0 comments