Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Teweh Tengah, Barito Utara

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Teweh Tengah, Barito Utara



Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Teweh Tengah, Barito Utara - Biar makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Teweh Tengah, Barito Utara


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam website Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Teweh Tengah, Barito Utara, moga-moga berguna.

0 comments