Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker Di Labuhan Maringgai, Lampung Timur

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker Di Labuhan Maringgai, Lampung Timur


Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker Di Labuhan Maringgai, Lampung Timur - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker Di Labuhan Maringgai, Lampung Timur


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di blog Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker Di Labuhan Maringgai, Lampung Timur, semoga berguna.

0 comments