Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker di Panjatan, Kulon Progo

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker di Panjatan, Kulon Progo


Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker di Panjatan, Kulon Progo - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker di Panjatan, Kulon Progo


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam blog Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Coffee Maker di Panjatan, Kulon Progo, moga-moga berguna.

0 comments