Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Mojosongo, Boyolali

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Mojosongo, Boyolali



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Mojosongo, Boyolali - Meski kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Mojosongo, Boyolali


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam web Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Jual Pembuat Kopi di Mojosongo, Boyolali, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments