Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Woyla, Aceh Barat

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Woyla, Aceh Barat


Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Woyla, Aceh Barat - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Woyla, Aceh Barat


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di halaman Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Kios Mesin Coffee Maker di Woyla, Aceh Barat, moga-moga berguna.

0 comments