Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Brebes

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Brebes


Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Brebes - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Brebes


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam blog Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Brebes, moga-moga bermakna.

0 comments