Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Pembuat Kopi di Sutera, Pesisir Selatan

Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Pembuat Kopi di Sutera, Pesisir Selatan


Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Pembuat Kopi di Sutera, Pesisir Selatan - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Pembuat Kopi di Sutera, Pesisir Selatan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah di blog Manfaat Kopi Pahit – Toko Online Pembuat Kopi di Sutera, Pesisir Selatan, semoga bermanfaat.

0 comments