Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Coffee Maker di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara

Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Coffee Maker di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara



Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Coffee Maker di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Coffee Maker di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam halaman Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Coffee Maker di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara, semoga ada manfaatnya.

0 comments