Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Pantai Cermin, Solok

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Pantai Cermin, Solok


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Pantai Cermin, Solok - Biar semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Pantai Cermin, Solok


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel dalam website Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Pantai Cermin, Solok, semoga berguna.

0 comments