Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Teluk Kuantan

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Teluk Kuantan


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Teluk Kuantan - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Teluk Kuantan


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di web Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Teluk Kuantan, semoga ada manfaatnya.

0 comments