Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Coffee Maker di Krui Selatan, Pesisir Barat

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Coffee Maker di Krui Selatan, Pesisir Barat


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Coffee Maker di Krui Selatan, Pesisir Barat - Meski makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Coffee Maker di Krui Selatan, Pesisir Barat


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Penjual Coffee Maker di Krui Selatan, Pesisir Barat, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments