Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi di Habinsaran, Toba Samosir

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi di Habinsaran, Toba Samosir



Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi di Habinsaran, Toba Samosir - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua telah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi di Habinsaran, Toba Samosir


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi di Habinsaran, Toba Samosir, semoga bermanfaat.

0 comments