Manfaat Kopi Untuk Kulit Wajah Berjerawat – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman

Manfaat Kopi Untuk Kulit Wajah Berjerawat – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman


Manfaat Kopi Untuk Kulit Wajah Berjerawat – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Wajah Berjerawat – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Untuk Kulit Wajah Berjerawat – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, mudah-mudahan bermakna.

0 comments