Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker di Kluet Tengah, Aceh Selatan

Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker di Kluet Tengah, Aceh Selatan


Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker di Kluet Tengah, Aceh Selatan - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker di Kluet Tengah, Aceh Selatan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di web Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker di Kluet Tengah, Aceh Selatan, moga-moga ada gunanya.

0 comments