Membuat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Nagan Raya

Membuat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Nagan Raya


Membuat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Nagan Raya - Biar makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Nagan Raya


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam blog Membuat Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Nagan Raya, semoga berguna.

0 comments