Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Pembuat Kopi di Medan Amplas, Medan

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Pembuat Kopi di Medan Amplas, Medan


Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Pembuat Kopi di Medan Amplas, Medan - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Pembuat Kopi di Medan Amplas, Medan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di web Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Pembuat Kopi di Medan Amplas, Medan, semoga ada gunanya.

0 comments