Membuat Kopi Susu Nikmat – Online Shop Pembuat Kopi Di Kaimana

Membuat Kopi Susu Nikmat – Online Shop Pembuat Kopi Di Kaimana


Membuat Kopi Susu Nikmat – Online Shop Pembuat Kopi Di Kaimana - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Nikmat – Online Shop Pembuat Kopi Di Kaimana


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di blog Membuat Kopi Susu Nikmat – Online Shop Pembuat Kopi Di Kaimana, moga-moga berpengaruh.

0 comments