Membuat Kopi Susu Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Simpang Tiga, Aceh Besar

Membuat Kopi Susu Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Simpang Tiga, Aceh Besar



Membuat Kopi Susu Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Simpang Tiga, Aceh Besar - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua telah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Simpang Tiga, Aceh Besar


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di blog Membuat Kopi Susu Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Simpang Tiga, Aceh Besar, semoga bermakna.

0 comments