Membuat Masker Kopi Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Banding Agung, OKU Selatan

Membuat Masker Kopi Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Banding Agung, OKU Selatan



Membuat Masker Kopi Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Banding Agung, OKU Selatan - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Masker Kopi Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Banding Agung, OKU Selatan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di web Membuat Masker Kopi Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Banding Agung, OKU Selatan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments