Meracik Kopi Aceh – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pandaan, Pasuruan

Meracik Kopi Aceh – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pandaan, Pasuruan



Meracik Kopi Aceh – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pandaan, Pasuruan - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Aceh – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pandaan, Pasuruan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di web Meracik Kopi Aceh – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pandaan, Pasuruan, semoga ada manfaatnya.

0 comments