Meracik Kopi Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Bebesen, Bener Meriah

Meracik Kopi Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Bebesen, Bener Meriah



Meracik Kopi Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Bebesen, Bener Meriah - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Bebesen, Bener Meriah


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan dalam blog Meracik Kopi Ala Cafe – Penjual Pembuat Kopi Di Bebesen, Bener Meriah, moga-moga berguna.

0 comments