Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Tenggulun, Aceh Tamiang

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Tenggulun, Aceh Tamiang


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Tenggulun, Aceh Tamiang - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua telah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Tenggulun, Aceh Tamiang


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam halaman Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Tenggulun, Aceh Tamiang, moga-moga berpengaruh.

0 comments