Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi di Koba, Bangka Tengah

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi di Koba, Bangka Tengah


Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi di Koba, Bangka Tengah - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi di Koba, Bangka Tengah


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam blog Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi di Koba, Bangka Tengah, moga-moga berguna.

0 comments