Resep Meracik Kopi Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Jepara

Resep Meracik Kopi Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Jepara



Resep Meracik Kopi Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Jepara - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Resep Meracik Kopi Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Jepara


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam halaman Resep Meracik Kopi Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Jepara, semoga bermakna.

0 comments