Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Paniai

Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Paniai



Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Paniai - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengerti keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Paniai


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam halaman Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Paniai, moga-moga bermakna.

0 comments