10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Banda Aceh

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Banda Aceh


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Banda Aceh - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Banda Aceh


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di halaman 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Banda Aceh, semoga bermanfaat.

0 comments